Dan shen 1

danshengoji-729x90

Tuesday, 15 September 2009

Mengapa Menggunakan Toyota Genuine Parts?

Mengenali Suku Cadang Asli Toyota
Secara berkelanjutan, Toyota mewujudkan komitmennya untuk memberikan pengalamanan yang terbaik dalam memiliki kendaraan Toyota kepada seluruh pelanggannya. Salah satu bagian penting yang mampu merealisasikan hal itu adalah suku cadang asli Toyota yang digunakan kendaraan.
Pada saat sekarang ini sangat banyak suku cadang imitasi yang sangat menyerupai aslinya. Oleh karena itu jangan sampai tertipu ketika hendak membeli suku cadang. Bagaimana mengenali suku cadang asli Toyota atau Toyota Genuine Parts adalah sebagai berikut:
A. Apa itu Toyota Genuine Parts?
Toyota Genuine Parts atau Suku Cadang Asli Toyota adalah suku cadang yang para pembuatnya atau produsen memiliki lisensi dari Toyota Motor Corporation (TMC) dengan kualitas yang telah memenuhi standar Toyota.
B. Apa bedanya dengan suku cadang palsu?
Genuine Parts Non Genuine Parts
Kualitas terjamin Kualitas tidak terjamin
Garansi Toyota Tidak ada garansi Toyota
Lebih awet Kurang awet
Lebih hemat Lebih murah, tetapi usia pemakaian singkat
C. Bagaimana mengenali suku cadang palsu?
1. Kemasannya sangat mirip atau bahkan sangat menyerupai dengan kemasan Toyota Genuine Parts tetapi isinya adalah barang tiruan.
2. Pada suku cadang imitasi yang sangat menyeruai asli, apabila diperhatikan dengan teliti wujud fisiknya tidak sebagus Toyota Genuine Parts.
3. Untuk suku cadang imitasi yang sangat menyerupai, harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh denganToyota Genuine Parts, misalkan Toyota Genuine Parts dijual seharga 100 ribu maka suku cadang palsunya dijual seharga 75 ribu.
4. Suku cadang non Toyota Genuine Parts menggunakan merk dan kemasan yang menunjukkan identitasnya sendiri.
5. Suku cadang non Toyota Genuine Parts pembuatnya sama dengan pembuat Toyota Genuine Parts. Hal ini terlihat pada suku cadang imitasi tidak terdapat logo atau merek Toyota.
6. Suku cadang bekas yang telah diperbaiki lagi dan diperbarui tampilannya (Rebuilt Parts)pada lubang-lubang baut ataupun bagian-bagian yang sulit terjangkau dapat terlihat pernah terpakai.
D. Apa keunggulan menggunakan suku cadang asli Toyota atau Toyota Genuine Parts?
1. Memiliki jaminan keaslian dan kualitas Toyota
2. Didisain sesuai dengan spesifikasi kendaraan Toyota.
3. Umur spare parts yang lebih lama
4. Mudah dalam pemasangan tanpa harus melakukan rubahan terlebih dahulu.
5. Meskipun dengan harga jual yang lebih mahal, tetapi memiliki jangka waktu penggunaan yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan yang imitasi.
6. Mendapatkan jaminan keamanan berkendara.

Mengapa Menggunakan Toyota Genuine Accessories?
Tentang Aksesoris Toyota
1. Material
a. Terbuat dari material yang terbaik sesuai standar Toyota:
i. Polyprophelene Plastic (PP)
Bahan yang tahan benturan, sering dipakai untuk front & rear bumper guard.
ii. Acrylonitrie Butadine Styrene (ABS)
Bahan yang sangat ringan sehingga tidak akan mengganggu performa kendaraan.
b. Standar material yang digunakan
Standar untuk menjaga supaya material yang digunakan mempunyai daya tahan untuk kondisi yang akan sering dihadapi
Contoh: Untuk spoiler menggunakan material ABS karena material ini paling tahan terhadap sinar matahari
2. Proses pembuatan yang sesuai standar Toyota

Langkah 1 - Styling Design
Tujuan: Untuk memberikan desain yang terbaik
Proses: Membuat beberapa alternatif styling design (2 dimensi), mengadakan design review, dan memilih satu desain yang terbaik

Langkah 2 - Product Design /CAD Data Development
Tujuan: Produk jadi nanti akan benar-benar sesuai dengan desain produk (product design)
Proses: Desain yang terpilih kemudian dibuat data 3 dimensi dengan bantuan Computer Aided Design (CAD), lengkap dengan posisi pemasangan, dan komponen pendukung seperti nut & bolt, double adhesive tape, atau klip. Hasilnya disebut CAD Data. Kemudian dibuat drawing atau gambar teknik. Hasil produksi massal nantinya harus sesuai dengan drawing ini, baik secara dimensi maupun kelengkapan komponennya

Langkah 3 - Mock-up Review
Tujuan: Memastikan persisi produk benar-benar tepat dan sesuai dengan kendaraan
Proses: Membuat produk yang menyerupai produk aslinya, mengevaluasi dengan melakukan pemasangan ke mobil. Jika masih terdapat kekurangan, CAD data direvisi dan dievaluasi lagi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah timbulnya masalah saat produk tersebut diproduksi massal.

Langkah 4 - Tooling Development
Tujuan: Untuk memastikan semua alat-alat yang digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan produk yang terbaik
Proses: Pembuatan perangkat pendukung produksi massal, seperti mold (cetakan), jig (alat bantu proses / pemasangan), checking fixture (alat bantu pengecekan produk). Proses ini umumnya memakan waktu, maksimal, 3 bulan.

Langkah 5 - Trial & Performance Evaluation
Tujuan: Untuk menguji daya tahan produk sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen
Proses: Hasil produksi massal diuji ketahanannya melalui beberapa tes sesuai standar yang diterapkan TOYOTA seperti ketahanan terhadap panas, vibrasi, atau bahan kimia.
Standar Pengetesan:
Memastikan metode yang digunakan benar-benar dapat menguji ketahanan produk. Contoh:
Untuk ketahanan front bumper guard dan rear bumper guard diuji dengan melakukan 30 kali automatic car washing test (mobil dicuci 30 kali secara kontinyu dengan menggunakan automatic car washing machine) untuk memastikan tidak terjadi perubahan posisi dan tidak ada cat yang mengelupas.
Untuk ketahanan side visor terhadap sinar UV (ultraviolet) diuji dengan disinari lampu 130 V suhu 80°C selama 200 jam

Langkah 6 - Quality Control
Tujuan: Untuk memastikan hanya produk dengan kualitas terbaik yang akan sampai ke tangan konsumen
Proses: Menentukan batasan kualitas, seperti dimensi dan tampilan (gores, bintik)

Langkah 7 - Mass Production
Setelah produk dipastikan memenuhi standar yang diterapkan TOYOTA, dan sudah dilakukan proses persetujuan (approval) barulah Pemasok atau Supplier mulai melakukan produksi secara massal.

Dengan keyakinan telah memberikan produk dengan kualitas yang terbaik kepada konsumennya, TOYOTA menjamin semua produkmya dengan garansi 1 tahun. Garansi ini akan mengganti semua cacat atau kerusakkan produk yang disebabkan bukan karena human error dari pemilik dengan claim yang mudah.
Cara mengajukan claim:
Anda hanya perlu mengadukan kerusakkan ini ke dealer atau cabang tempat Anda membeli dengan membawa bukti pembayaran untuk setelah itu akan dilakukan pemeriksaan penyebab kerusakan, setelah lolos pemeriksaan maka Anda akan mendapatkan aksesoris sejenis yang 100% baru sebagai ganti dari aksesoris Anda yang rusak.
Saat sudah memutuskan untuk menggunakan produk TOYOTA Accessories, kenalilah cara-cara atau trick penjual after market dan perbedaan TOYOTA Accessories dengan produk non genuine sehingga Anda tidak tertipu

Trick penjual after market:
Hati-hati dengan penjual yang menawarkan aksesoris TOYOTA asli kenali langkah-langkah mereka meyakinkan Anda bahwa produk yang mereka jual adalah aksesoris TOYOTA asli
1. Mereka akan menawarkan produk dengan merek tertentu sebut saja merek X dan mengatakan produk itu adalah genuine Astra
2. Mereka akan menunjukkan kualitas produk ini adalah yang terbaik dengan membandingkan produk ini dengan aksesoris non genuine lainnya yang memiliki kualitas di bawah produk X ini
3. Aksesoris palsu yang beredar dipasaran terbagi menjadi:
KW 1: Kualitas Terbaik (NGA)
KW2: Kualitas Sedang
KW3: Kualitas Kurang baik
4. Langkah terakhir, mereka akan menunjukkan part number atau nomor suku cadang dari produk NGA ini di mana nomor yang tertera pada produk ini bukanlah part number melainkan hanya merupakan nomor kode bahan pembuatan.


PEDOMAN WARRANTY
KENDARAAN BARU TOYOTA ANDA (36 BULAN/100.000 KM*)
*Mana yang tercapai terlebih dahulu
Untuk lebih jelas perihal Warranty, silakan merujuk pada Buku Warranty dan Servis Berkala.
KETENTUAN DAN KONDISI WARRANTY TOYOTA memberikan jaminan apabila terdapat kerusakan pada komponen atau hasil kerja pabrikan.
Dengan kondisi :
1. Kecacatan telah diinformasikan kepada dealer TOYOTA hanya sebelum kendaraan menempuh jarak 3 tahun atau 100.000 km terhitung sejak penyerahan kendaraan kepada Anda, mana yang tercapai terlebih dahulu. Model Toyota yang termasuk adalah model yang diproduksi yang memiliki no rangka (VIN Code) mulai tahun 2005. Khusus untuk Kijang Pick-Up dan Dyna, claim cat dan karat memiliki masa warranty selama 2 (dua) tahun atau 50.000 km, terhitung sejak penyerahan kendaraan kepada Anda, mana yang tercapai terlebih dahulu.
2. Selalu melakukan perawatan berkala sesuai ketentuan di buku servis di bengkel resmi TOYOTA.
3. TOYOTA telah memastikan bahwa kecacatan terdapat pada komponen atau karena hasil kerja pabrikan dan bukan dikarenakan :
1. Penggunaan kendaraan yang salah seperti berpacu pada kecepatan tinggi, kelebihan beban dan modifikasi.
2. Bunyi, getaran, berisik dan perubahan bentuk yang normal.
3. Pengoperasion kendaraan setelah diketahui adanya kerusakan.
4. Kecelakaan atau kejadian yang disengaja.
5. Bencana alam seperti banjir, kilat, halilintar, dll.
6. Korosi pada cat diakibatkan oleh kerikil-kerikil atau goresan pada cat.
7. Rusak atau retaknya bahan-bahan yang terbuat dari kaca yang diakibatkan oleh factor-faktor dari luar kecuali yang disebabkan oleh kecacatan material dan/atau hasil kerja pabrikan.
8. Kegagalan dalam melaksanakan perawatan atau perbaikan sendiri. Penambahan bahan (additives) dan pemasangan part atau aksesoris yang tidak asli dikeluarkan oleh PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR.
TOYOTA akan memulihkan kerusakan dengan cara perbaikan atau sesuai kondisi dengan cara mengganti komponen yang rusak dan tidak mengganti dengan kendaraan yang baru.
SEPUTAR PROSEDUR WARRANTY
Bagaimana mengklaim warranty ?
1. Pertama-tama buat perjanjian dengan dealer resmi TOYOTA terdekat.
2. Bawa kendaraan dan buku warranty Anda ke bagian Service untuk evaluasi klaim Anda
Apakah saya harus membayar biaya perawatan selama periode warranty ?
Biaya perawatan berkala tidak ditanggung oleh warranty kendaraan baru TOYOTA. Akan tetapi untuk perawatan berkala 1.000 km dan 5.000 km bebas biaya jasa. Pelumas dan part yang digunakan dalam perawatan ini menjadi tanggung jawab Anda
Part dan material apa saja yang tidak termasuk dalam item warranty ?
1. Item-item yang dapat habis atau mengalami keausan
2. Material yang terkonsumsi kecuali dikarenakan cacat dari pabrik, seperti :
• Elemen pembersih (filter)
• Sepatu rem
• Kopling
• Tali kipas
• Cairan elektrolit
• Gemuk
• Busi
• Penghapus kaca
• Sekering
• Platina
• Bola lampu
• Dan lain-lain
Hal-hal lain apa saja yang tidak ditanggung oleh warranty pabrikan ?
1. Biaya dan kerugian yang timbul seperti :
• Biaya telepon
• Akomodasi
• Sewa kendaraan
• Biaya Derek
• Hilangnya waktu
• Risiko bisnis
• Dan lain-lain.
2. Kerusakan atau korosi pada permukaan kendaraan dikarenakan lingkungan seperti :
o Hujan asam
o Kejatuhan sesuatu (zat kimia, getah pohon, kotoran burung, dan lain-lain)
• Garam
• Badai angin
• Kilat
• Banjir
• Bencana alam lainnya.
Hal apa yang penting dan dapat membatalkan hak warranty ?
1. Mengubah odometer atau ditukar sehingga pembacaan odometer menjadi meragukan.
2. Menggunakan bahan bakar, pelumas, oli atau minyak (fluida) yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh TOYOTA, seperti tertulis dalam buku PEDOMAN PEMILIK.
Bagaimana dengan warranty untuk baterai, dan ban ?
1. Baterai. Masa warranty baterai yang dipergunakan sebagai perlengkapan asli kendaraan TOYOTA adalah selama 2 (dua) tahun atau 50.000 km, mana yang tercapai terlebih dahulu.
2. Ban. Warranty untuk ban diatur tersendiri dengan jaminan yang disediakan oleh pabrik

1 comment:

  1. terima kasih banyak..
    ini sangat membantu saya...

    ReplyDelete