Dan shen 1

danshengoji-729x90

Tuesday, 15 September 2009

SEPUTAR KENDARAAN NIAGA TOYOTA

DYNA adalah produk TOYOTA yang lebih Kerenya disebut DYNASAURUS mengambil nama binatang PURBAKALA yang dikenal tangguh .dan inilah yang ditawarkan TOYOTA dalam membantu pemiliknya sukses dalam bidang Usahanya,ada Tips yang perlu diperhatikan agar Dynasaurusnya tetap sehat:

Agar DYNAsaurus Anda Sehat

MESIN MENDADAK MATI

Mesin mendadak mati (kemungkinan penyebab, prosedur dan metode perbaikan).
• Kemungkinan penyebab : Mesin tidak dapat hidup kembali.

Prosedur dan metode perbaikannya : Lakukan pengecekan, apakah mesin dapat start sesuai dengan prosedur, bila tidak dapat lakukan perbaikan cek kabel baterai, kabel negatif dan kabel positif.
• Kemungkinan penyebab : Idle mesin kasar.

Prosedur dan metode perbaikannya : Bila idle mesin tidak stabil, idle mesin kasar, lakukan peyetelan idle ( putaran idle 600 ~ 700 ).
• Kemungkinan penyebab : Kerusakan kerja selenoid pemutus bahan bakar.

Prosedur dan metode perbaikannya : Bila mesin berputar normal tetapi tidak mau hidup, petunjuk : tidak adanya suara kerja selenoid, juga akibat kendornya hubungan kelistrikan, lakukan pengecekan konektor sebelum melakukan perbaikan.
• Kemungkinan penyebab : Tidak ada bahan bakar ke dalam pompa injeksi.

Prosedur dan metode perbaikannya : Lihat item no 3. (metode perbaikan kerusakan kerja selenoid ) dan cek sistem bahan bakar, saringan, kerja selenoid, cek kebocoran dalam sistem bahan bakar.



MESIN KURANG TENAGA

Mesin kurang tenaga (kemungkinan penyebab, prosedur dan metode perbaikan).
• Kemungkinan penyebab : kesalahan penyetelan kabel Akselerator.
Prosedur dan metode perbaikannya : cek pedal Akselerator bila ditekan sepenuhnya, cek tuas penyetelan bersinggungan dengan skrup penyetelan kecepatan maksimum. Bila tidak lakukan penyetelan.
• Kemungkinan penyebab : Putaran maksimum kurang.
Prosedur dan metode perbaikannya :Cek RPM maksimum :4.050 ~ 4.250 bila tidak sesuai lakukan penyetelan sesuai dengan spesifikasi.
• Kemungkinan penyebab : Saringan bahan bakar tersumbat.
Prosedur dan metode perbaikannya : Lepas selang saluran bahan bakar dan langsungkan ke pompa injeksi, bila hasilnya baik berarti saringan tersumbat dan lakukan penggantian saringan bahan bakar.
• Kemungkinan penyebab : Kesalahan timing injeksi.
Prosedur dan metode perbaikannya : Standart timing 1.31 ~ 1.37 mm, bila hasil kurang dari standar lakukan penyetelan seperti spesifikasi.
• Kemungkinan penyebab : Kesalahan Nozel injeksi.
Prosedur dan metode perbaikannya : Cek tekanan nozel standart 180 ~ 210 Kg/cm2, bila tekanan nozel kurang dari spesifikasi lakukan penyetelan, sesuai dengan spesifikasi.
• Kemungkinan penyebab : Kebocoran bahan bakar.
Prosedur dan metode perbaikannya : Cek kebocoran bahan bakar, pada sambungan pompa injeksi, baut Kepala distributor pompa injeksi, serta katup delivery. Lakukan pengecekan sesuai spesifikasi

Memilih Armada yang Sesuai dengan Usaha Anda

Setiap jenis usaha memiliki karakteristik produk dan jaringan distribusi tersendiri.

Untuk itulah, setiap Anda sebagai pebisnis tentu membutuhkan armada dengan spesifikasi khusus untuk mendukung usaha Anda.

TOYOTA, memberikan alternatif bagi Anda dalam memilih produk yang sesuai, dengan dukungan pengembangan produk yang berorientasi pada performa, kenyamanan dan ekonomis.
Dyna
110ST
110ET
130LT
130HT
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Dealer kami yang terdekat.

Penurunan Akselerasi Pada Mobil Solar
Penurunan akselerasi pada mesin berbahan bakar solar bisa disebabkan karena solar bercampur air dan kotoran. Akibatnya, pembakaran tidak sempurna sehingga mobil tersendat-sendat.
Endapan air dan kotoran yang terjadi di dalam saringan solar harus diperhatikan. Karena bila endapan sudah terlalu banyak dapat terbawa masuk ke sistem saluran bahan bakar sehingga pompa dan nosel injector mudah berkarat serta aus. Untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan membuang kandungan air yang sudah mencapai ambang batas melalui water sedimenter. Perhatikan caranya:
1. Lakukan pemeriksaan rutin kandungan air, sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km. Jika kurang dari batas itu, indikator sedimenter pada dasbor akan menyala.
2. Cara membuangnya kendurkan baut plastik di sebelah pompa tangan atau tepatnya disamping atas mesin. Buka baut plastik tadi seperlunya sampai cairan solar bercampur air menetes keluar.
3. Tekan pompa pembuangan dengan tangan ke atas dan ke bawah. Sambil memompa perhatikan cairan yang keluar dari sedimen, pertama kotoran lalu air.
4. Tadahlah buangan solar di baki penampung supaya tidak tercecer ke mobil. Karena jika tumpah, solar bisa membuat karet-karet atau bushing jadi melar dan mengeras.
5. Setelah isi water sedimenter habis, putar tuas pompa melawan arah jarum jam untuk membuka kancing pompa agar kandungan air yang tersisa bisa keluar semua.
6. Kemudian tarik tuas pompa dan lakukan pemompaan secara teratur untuk membuang solar dan kotoran. Lakukan beberapa kali sampai benar-benar habis. Jika sudah yakin endapan telah habis semua kembalikan pompa ke posisi semula dan kunci kembali dengan memutar searah jarum jam.

Tips Memilih Cara Meningkatkan Tenaga Mesin
Meningkatkan tenaga mesin bisa dilakukan dengan banyak cara dengan tingkat kerumitan dan biaya yang bervariasi. Ada baiknya untuk menyesuaikan perangkat penambah tenaga dengan rute yang paling sering dilewati. Sebagai bahan pertimbangan, dibawah ini dikenalkan bebarapa cara untuk menambah tenaga mesin.
Turbocharger:
Kerja sistem ini dengan memanfaatkan tekanan gas buang untuk meningkatkan tenaga mesin. Caranya, gas buang yang bersuhu dan tekanan tinggi dimasukkan kembali ke saluran intake mesin sehingga proses pembakaran lebih mudah dan kerja piston lebih ringan.
Kelebihan
1. Torsi dan akselerasi jauh lebih baik. Penambahan tenaganya bisa mencapai 100 daya kuda, bahkan lebih. Perangkat ini juga menghemat energi, karena campuran udara dan bahan bakar yang lebih homogen akan lebih cepat terbakar.
2. Sistem ini bekerja baik disegala medan, di perkotaan yang macet, di pegunungan yang penuh tanjakan dan berkelok-kelok ataupun jalan antar kota yang datar dan lurus.
3. Semakin banyak gas buang yang dihasilkan, semakin besar energi tambahan yang disuplai turbocharger. Itu sebabnya perangkat ini bekerja lebih baik pada putaran mesin tinggi.
Kekurangan :
1. Ketika Turbo diaktifkan reaksinya terasa agak terlambat. Gejala ini dikenal sebagai turbo lag. Untuk mengurangi efek turbo lag, dikembangkan sistem turbocharger ganda dimana turbocharger pertama bereaksi pada putaran mesin rendah, sementara turbo lainnya bekerja pada putaran yang lebih tinggi.
2. Pemasangan sistem ini, seringkali mengharuskan perubahan exhaust manifold dan juga penambahan perangkat intercooler sistem yang berfungsi menurunkan suhu udara yang masuk ke intake.
3. Pemasangannya rumit dan membutuhkan biaya yang mahal.

Perubahan saluran buang (exhaust):
Prinsip kerjanya adalah memperlancar aliran gas buang (free flow) dan mengurangi tekanan balik.
Kelebihan :
1. Yang pertamakali dilakukan bila ingin mendongkrak tenaga mesin. Selain lebih murah dari pemasangan sistem turbocharger, instalasinya juga lebih sederhana. Pilihannya sangat bervariatif dengan harga yang beragam pula.
2. Telitilah sebelum membeli, karena perubahan sistem pembuangan akan merubah suara yang keluar. Semakin bebas aliran, semakin dahsyat suara yang dihasilkan.
3. Modifikasi ini akan sangat bermanfaat untuk mobil yang biasa dipakai untuk perjalanan antar kota. Karena pada kecepatan konstan akan lebih baik bila gas buangnya juga mengalir lancar sehingga kerja mesin lebih ringan.
Kekurangan :
1. Tidak banyak tenaga tambahan yang diperoleh dengan perubahan sistem pembuangan.

Modifikasi saluran masuk (intake):
Prinsip kerjanya adalah memperlancar masuknya udara ke mesin. Semakin cepat splai udara, semakin tinggi tenaga yang dihasilkan. Agar lancar hambatan yang ada di kurangi sebanyak mungkin. Semakin sempurna aliran udara, semakin cepat proses pembakaran terjadi. Plus: Dipasaran banyak dijual sistem intake yang memiliki sedikit hambatan dengan bentuk yang bervariasi. Materialnya mulai dari besi, aluminium hingga fiberglass. Yang paling baik berbahan fiberglass disusul aluminium dan besi.
Metode yang banyak dilakukan adalah mengganti saluran intake dengan aluminium karena harganya relatif murah dan tahan lama.
Tambahan tenaganya lebih baik dari pada perubahan saluran buang dengan harga yang lebih murah. Paling baik digunakan di perkotaan yang membutuhkan pasoka udara yang cepat untuk akselerasi.

Jika Sasis Mulai Menyanyi
Komponen sistem transmisi ini apabila mengalami kerusakan maka akan terdengar bunyi-bunyi yang tak nyaman di telinga. Lakukan pemeriksaan bagian-bagian mana yang menimbulkan bunyi sehingga bisa dideteksi kerusakan apa yang terjadi. Pemeriksaan dilakukan sambil menjalankan mobil dan amati semua bunyi yang terdengar.
1. Bunyi mendengung/menggerung
• Jika terdengar bunyi mendengung/menggerung saat kendaraan mulai bergerak kemungkinan bantalan roda sudah aus. Perlu tindakan untuk mengganti gemuk bantalannya atau jika sudah aus parah perlu diganti semua.
• Jika terdengar suara menggerung dari belakang untuk mobil dengan jenis penggerak roda belakang, maka kemungkinan ada masalah pada pedal gasnya. Bunyi mengorok keras akan terdengar saat pedal gas diinjak.
2. Bunyi duk/jleg
• Jika terdengar bunyi duk..duk atau jleg..jleg..saat kopling dilepas itu menandakan perangkat diferensial roda belakang sudah aus. Bantalan-bantalannya membutuhkan penggantian. Bisa juga karena gigi-gigi ring dan pinion sudah terlalu besar.
3. Bunyi cit..cit..cit
• Bila terdengar bunyi cit..cit..cit yang makin lama makin cepat saat kendaraan melaju maka komponen crossjoint pada as kopel sudah aus dan mungkin harus diganti. Bisa juga karena komponen tersebut sudah lama tidak diberi gemuk sehingga lama-lama aus dan celahnya melebar.
• Bila bunyi cit..cit..cit terdengar saat kendaraan bergoyang kemungkinan penyebabnya dari suspensi per daun. Bunyi timbul karena terjadi gesekan pada per daun karena logam yang kekeringan.

No comments:

Post a Comment