Dan shen 1

danshengoji-729x90

Wednesday, 7 October 2009

Turbo Charger

Turbocharger dan supercharger adalah alat yang memaksa udara ke dalam cylinder untuk menciptakan tekanan yang lebih besar dari tekanan atmosfir agar output mesin meningkat
Umumnya, besarnya output mesin dipengaruhi oleh jumlah campuran udara-bahan bakar, pembakaran yang dilakukan pada periode waktu tertentu, dan akan bertambah besar seiring dengan peningkatan jumlah campuran udara-bahan bakar.
Ini berarti, untuk meningkatkan output mesin, volume langkah mesin atau putaran mesin harus ditingkatkan.
Cuma masalahnya ketika volume langkah mesin dibesarkan, berat mesin ikut meningkat, disamping beberapa faktor lain seperti kerugian gesekan, getaran dan bunyi komponen yang bergerak akan membatasi saat putaran mesin ditingkatkan.
Supercharger menemukan persyaratan yang kebalikan ketika output mesin ingin ditingkatkan, dengan mesin tetap kompak dan ringan. Caranya, dengan memperbesar suplai volume udara dan bahan bakar tanpa mengubah ukuran mesin.
Peralatan ini dikontrol dengan dua metode: Turbocharger digerakkan oleh gas buang dan supercharger digerakkan oleh mesin.
Toyota mulai menggunakan turbocharger sejak 1980, dan supercharger mulai digunakan di Jepang pada 1985. Sejak 2002, hanya turbocharger yang digunakan untuk model di luar negeri.

No comments:

Post a Comment