Dan shen 1

danshengoji-729x90

Friday, 18 December 2009

PERANG MOBIL KECIL TOYOTA DAN VW

TEMPO Interaktif, Jakarta - Setelah mengakuisisi 19,9 persen saham Suzuki, Volkswagen (VW) mengajak mitra kongsinya itu untuk membuat mobil berukuran kecil dengan harga bersaing. Memang, mobil tipe itulah yang kini tengah digandrungi di berbagai negara, khususnya negara berkembang.

Terlepas dari itu semua, Osamu Suzuki Kepala Eksekutif Suzuki di Tokyo mengatakan, pihaknya bersama VW sepakat untuk memulai kerjasama produksi. Dan untuk tahap awal, mobil yang akan diproduksi kedua pihak dalam kongsi itu adalah mobil berukuran kecil.

“Kami telah bertukar pikiran dan saling mengerti keinginan masing-masing pihak. Rinciannya akan selesai Januari mendatang,” tutur Osamu seperti dikutip Reuters, Kamis (17/12).

Disebutkan, mobil yang diperkirakan dibanderol US$ 4.300 – US$ 5.400 atau Rp 40. 420. 000 – Rp 50.760.000 itu menggunakan basis Suzuki Alto. Mobil yang tahap awal akan diproduksi 70 riubu unit saja itu, akan dipasarkan di India yang saat ini dikenal sebagai pasar terbesar mobil kecil di dunia.

Sebelumnya, anak usaha Toyota di India, yaitu Toyota Kirloskar Motor, Jumat (11/12) lalu telah woro-woro akan memproduksi mobil kecil (city car) berharga murah. Toyota India bahkan menyebut, mobil yang diberi nama Entry Familiy Car (EFC) itu bakal mereka boyong ke ajang 10 th New Delhi Auto Expo, Januari 2010 mendatang.

“Mobil yang didesain dengan konsep versi sedan dan hatchback itu akan kami boyong ke ( New Delhi ) Auto Expo. Konsep ini, dating langsung dari Jepang,” tutur Sandeep Singh, Managing Director TKM, Jumat (11/12) lalu.

Proses produksi massal mobil ini direncanakan sudah siap pada Desember 2010 mendatang dan dipasarkan pada 2011. Toyota India juga menegaskan, untuk tahap awal pihaknya hanya memproduksi 70 ribu unit saja. Seperti halnya mobil yang akan diproduksi kolaborasi VW dan Suzuki, mobil Toyota itu juga akan dipasarkan di India saja.

Namun, hingga saat ini, pihak Toyota India masih belum memberikan rincian ihwal spesifikasi mesin dari mobil tersebut. Hanya sedikit bocoran, mobil yang konsepnya mengambil konsep Toyota Yaris itu kemungkinan dibanderol kurang dari US$ 11.000 atau dibawah Rp 103 juta.

Sementara beberapa kalangan menilai, keberadaan mobil itu sangat penting bagi Toyota untuk menghadang laju pabrikan asal Jerman Volkswagen yang kini membangun kongsi dengan Suzuki untuk menyerbu pasar mobil India .

Seperti diketahui, Pertengahan November lalu pabrikan mobil Jerman itu menyatakan bahwa VW Group dalam rentang Januari – September tahun ini telah memproduksi 4,4 juta unit.

Sementara produksi pesaingnya, Toyota, disebut hanya terpaut sedikit yaitu 4,0 juta unit. Seolah tak terima dengan pengumuman itu, selang sehari kemudian, Selasa (17/11) Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan angka resmi produksinya secara global.

Toyota menyebut, sepanjang sembilan 2009 ini produksinya mencapai 4,9 juta unit, sementara VW 4,4 juta unit. Wah persaingan akan seru nih. Akankah mobil murah produksi keduanya masuk ke Indonesia?

ARIF ARIANTO

DIKUTIP DARI TEMPO

No comments:

Post a Comment