Dan shen 1

danshengoji-729x90

Thursday, 11 February 2016

WHEEL ALIGMENT New Step 1 Toyota

1. URAIAN
Kombinasi sistem kemudi dan sistem suspensi harus    menghasilkan    stabilitas    kendaraan.    stabil dalam    pengemudian    dan    daya    balik    kemudi yang    baik.Agar sistem kemudi dan suspensi dapat
berfungsi dengan baik,maka roda-roda depan harus     diatur     dengan     benar     Untuk     menjamin  penanganan kendaraan dengan benar dengan cara    mengurangi    atau    memperkecil    stress    dan
keausan     dari     tiap     komponen,     yaitu     dengan mengatur letak geometris mekanisme suspensi
dan kemudi.Front     wheel     aligment     terdiri     dari     penyetelan sudut dan ukuran roda-roda depan, komponen dan    komponen    kemudi    setelah    terpasang    pada body     (atau     chassis),     pada     umumnya     dapat dikatagorikan dalam elemen berikut:
●Camber
●Steering    axis    (king    pin)    inclination
●Caster
●Toe angle
●Turing radius
Pengaturan sudut-sudut dan ukuran-ukuran ini tergantung pada sistem suspensi, sistem penggerak    roda    dan    sistem    kemudi.    Tujuannya agar kemampuan kendaraan dan stabilitas kemudi     dapat     mencapai     optimum,     stabilitas pengemudian serta penggunaan komponen dapat    bertahan    lama.
Pada    kendaraan    yang    menggunakan    suspensi belakang model bebas, roda belakang dapat
disetel     (camber     dan     toe-in)     seperti     halnya pada roda-roda depan, untuk mengurangi
ketegangan dinamis dan keausan komponen. Hasil pengukuran ini bergantung pada beban
kendaraan, dan penempatan kendaraan ditempat     yang     datar.     penyetelan     roda-roda
depan     harus     dilakukan     pada     tempat     datar,sehingga     diperoleh     tinggi     kendaraan     yang
tepat.
 2. CAMBER
Roda-roda depan kendaraan dipasang dengan bagian    atasnya    miring    mengarah    keluar    atau
ke     dalam     (     ini     akan     dapat     dilihat     langsung dari     bagian     depan),     ini     disebut     camber     dan pengukurannya     dalam     derajat     kemiringan dari     posisi     vertikal.     Bila     miringnya     roda     ke arah    luar    disebut    camber    positif.    Sebaliknya bila    miringnya    ke    arah   dalam    disebut    camber negatif.
  Pada    kendaraan    yang    memiliki    camber    postif, beban     bekerja     pada     steering     knuckle     yang berposisi dekat dengan spindle dasar untuk mengurangi    beban    pada    steering    knuckle.
Tambahan    pula,    roda-roda    pendorong    ke    dalam untuk    mecegah    roda-roda    agar    tidak    lepas.

Tujuan     camber     negatif     adalah     untuk mengutamakan kendaraan dapat lurus dan stabil Camber negatif mengurangi ground camber     kendaraan     selama     menggelinding (kemiringan     kendaraan     selama     membelok) untuk     menyempurnakan     kemampuan     belok kendaraan. Camber negatif di dapat pada kendaraan dengan mesin depan dan penggerak roda    depan(    front    engine    front    wheel-drive).
3. STEERING AXIS INCLINATION
Sumbu tempat roda berputar saat berbelok ke kiri atau ke kanan di sebut steering axis. Axis (sumbu)    ini    digambarkan    sebagai    garis    imajinasi antara    bagian    atas    dari    shock    absorber's    upper
support bearing dengan lower suspension arm ball    joint. Garis    ini    miring    ke    dalam    dapat    dibayangkan dari     bagian     depan     Kendaraan     yang     biasa disebut     kemiringan     sumbu     kemudi     (steering axis    inclination)    atau    sudut    king    pin. Jarak    T    yaitu    jarak    dari    titik    potong    garis    tengah ban    dengan    jalan    ke    titik    potong    steering    axis dengan    jalan    disebut    OFFSET. OFFSET     yang     lebih     kecil     akan     mambuat kemudi     menjadi     lebih     ringan     dan     kejutan akibat    pengereman    dan    kecepatan    berkurang. Disamping     itu     steering     axis     inclination menghasilkan    daya    balik    kemudi    dengan    cara memanfaatkan berat kendaraan.


4. CASTER
Garis    tengah    steering    axis    biasanya    miring    bila dilihat    dari    samping.    Sudut    yang    dibentuk    oleh garis    ini    dengan    garis    vertikal    disebut    caster. Bila    miringnya    steering    axis    ke    arah    belakang disebut    caster    positif,    sebaliknya    kemiringan ke   arah    depan    disebut    caster    negatif.    Pada umumnya    caster    positif    yang    dipakai,    karena menghasilkan     kesetabilan     kendaraan     saat berjalan    turun    dan    daya    balik    Kemudi    setelah membelok.
Jarak    dari    titik    potong    garis    tengah    steering axis    dengan    jalan    ke    titik    pusat    singgung    ban dengan Jalan disebut trail. Caster    positif    yang    besar    menyebabkan    trail makin    panjang    dan    daya    balik    kemudi    makin besar.    Akan    tetapi    kemudi    cenderung    menjadi
lebih    berat. Caster negatif membuat kemudi ringan tetapi kesetabilan    kendaraan    saat    berjalan    lurus
menjadi    berkurang    dan    kemudi    kurang    dapat dikontrol.
5. TOE ANGLE (Toe-ln Dan Toe-Out)
Bila    bagian    depan    roda    lebih    kecil    ke    arah    dalam dari    pada    bagian    belakang    roda    (dilihat    dari atas),    ini    disebut    toe-in.    Sebaliknya    susunan yang    berlawanan    disebut    toe-out.
Toe-in    dan    toe-out    dinyatakan    dalam    satuan jarak    (B-A).




Bila    roda-roda    depan    memiliki    camber    positif, maka    bagian    atas    roda    miring    mengarah    ke luar.     Hal     ini     akan     menyebabkan     roda-roda berusaha     menggelinding     ke     arah     luar     pada saat    kendaraan    berjalan    lurus,    dan    akan    terjadi side-slip. Dan ini akan mengakibatkan ban
menjadi    aus. Untuk itu toe-in digunakan pada roda-roda depan     untuk     mencegah     roda     menggelinding keluar    yang    disebabkan    oleh    camber.


6. TURNING RADIUS
Bila    roda    depan    kanan    dan    kiri    harus    mempunyai sudut    belok    yang    sama    besar,    tuming    radiusnya harus    sama    (r1    =    r2).         Akan    tetapi    masingmasing roda akan berputar mengelilingi titik pusat    yang    berbeda    (01    dan    02).    Akibatnya kendaraan tidak dapat membelok dengan lembut    karena    terjadinya    side-slip    pada    rodaroda.

Untuk    mencegah    ini,    knuckle    arm    dan    tie    rod disusun agar pada saat membelok roda-roda
sedikit     toe-out.     Akibatnya     sudut     belok     roda inner    sedikit    lebih    besar    dari    pada    sudut    belok roda outer dan titik pusat putaran roda kiri dan kanan    berhimpit.    Akan    tetapi    turning    radiusnya bebeda     (r 1 > r 2).     Prinsip     ini     disebut     prinsip Ackerman.

Untuk    tipe    suspensi    yang    tie    rod-nya    terletak di     belakang     spindle,     knuckle     arm     sedikit diserongkan    ke    arah    dalam    (0).
7. SIDE SLIP
Side     slip     adalah     jumlah     jarak     slipnya     roda kiri     dan     kanan     ke     arah     samping     pada     saat kendaraan bergerak. Side slip diukur dengan side slip tester pada  saat    kendaraan    bergerak    lurus    dan    perlahan. Side     slip     pada     umumnya     dinyatakan     dalam mm,    per    1    m    bergeraknya    kendaraan    ke    depan. Pada    umumnya    besarnya    side    slip    adalah    0-3
mm    (0    -    0,118    ln).




Tujuan    mengukur    side    slip    adalah    untuk    menilai wheel    alignment    secara    keseluruhan    pada    saat kendaraan    berjalan    lurus. Terjadinya     side     slip     terutama     disebabkan oleh     kesalahan     camber     atau     toe-in,     akan tetapi    caster    dan    sudut    king    pin    (steering    axis inclination)    perlu    mendapat    perhatian    pula.

Terimakasih untuk Toyota Astra Motor atas buku yang telah dikeluarkan dan sangat membantu kepada Dunia Pendidikan.
Toyota Memang sangat peduli terhadap dunia Pendidikan dimana Pun mereka mendirikan dealer dan bengkel.
Maju Terus Toyota.
Saya mengimpikan suatu saat nanti untuk dapat memiliki unit dari Toyota.
Yang Paling menarik Bagi saya yakni Fortuner (apalagi yang baru saja dikeluarkan di 2016 ini )
dan berikutnya Land Cruiser nya uiiih yahut bener.

Maju terusssss Toyota.




No comments:

Post a Comment